Jumat, 23 Juli 2010

ALAT PERAGA BLOK ALJABAR

Matematika merupakan ilmu yang membantu siswa mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi pada kenyataannya, matematika merupakan ilmu yang sulit dipahami karena banyak rumus-rumus atau simbol-simbol yang abstrak.
Salah satu bidang ilmu yang merupakan bagian dari matematika adalah aljabar. Sesuatu yang sangat indah dan mendasar dalam aljabar adalah struktur dan simbolnya. Tetapi banyak murid tidak sepenuhnya memahami konsep abstrak dan logaritma dalam aljabar karena mereka tidak bisa melihatnya secara real dan secara fisik. Aspek-aspek aljabar dapat didemonstrasikan dengan alat peraga yang memberikan model konkrit, model visual dan model geometri untuk ide-ide aljabar yang abstrak. Sesuatu yang dapat diotak-atik, dipindahkan dan disusun untuk mendapatkan sesuatu yang baru, merupakan sebuah pendekatan yang baru (Sobel, Max A. Dkk, 2003).

Persamaan kuadrat merupakan salah satu bagian dari aljabar yang dipelajari di SMA kelas X semester 1. Banyak siswa yang masih kesulitan dalam memahami persamaan kuadrat, hal ini karena persamaan kuadrat selama ini diajarkan hanya dengan ceramah, sehingga siswa kesulitan dalam menangkap simbol-simbol dan menyimpan ke dalam memorinya, padahal seperti yang telah ditulis di atas pembelajaran aljabar dalam hal ini khususnya persamaan kuadrat dapat dibantu dengan sebuah alat peraga, sehingga siswa dapat melihat secara nyata, dapat memegang dan mengotak-atiknya untuk membantu siswa lebih memahami persamaan kuadrat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar