Senin, 19 Juli 2010

SILABUS MATA KULIAH


Program Studi : Pendidikan Matematika
Kode Mata Kuliah : 409303
Nama Mata Kuliah : Penilaian Hasil Belajar Matematika
Jumlah SKS : 3 sks
Semester : 4 ( empat )

Deskripsi Mata Kuliah :
1 Konsep Dasar Pengukuran,Penilaian, Pengujian peranannya terhadap Dunia pendidikan.2.Pendekatan Dalam Penilaian Pendidikan dan Ruang Lingkup Penilaian Pengajaran.3.Penilaian Teknik Tes.4. Penilaian teknik non tes 5.Penyusunan Alat Teknik Tes 6 Penyusunan Alat Teknik non Tes 7.Pengolahan skor 8.Mengkonversi nilai 9 Standard Z dan Standard T 10. Analisis Butir Soal 11 Analisis Validitas 12. Analisis Reliabilitas .13.Penilaian Pembelajaran berbasis Kompetensi dan Kontektual 1 14 Penilaian Pembelajaran berbasis Kompetensi dan Kontektual 2.

Standard Kompetensi :
Mahasiswa dapat mengetahui,memahami dan mampu mengimplementasikan konsep-konsep Pengukuran,Penilaian dan Pegujian dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran guna mencapai pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan efisien.


Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Pembelajaran Materi
Ajar Waktu Alat/bahan/sumber
Belajar Penilaian
1 Menjelaskan Konsep Dasar Pengukuran, Penilaian, Pengujian Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu menyebutkan :
1.konsep pengukuran, pengujian dan penilaian matematika
2.tujuan dan fungsi penilaian
3.Prinsip penilaian
4.Langka-langkah penilaian
Mengkaji tentang konsep pengukuran, pengujian dan penilaian Konsep Dasar Pengukuran, Penilaian, Pengujian 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A
Tugas Portofolio,tes essay
2 Menjelaskan
Pendekatan Dalam Penilaian Pendidikan dan Ruang Lingkup Penilaian Pengajaran. Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu menentukan :
1.Aspek-aspek perilaku kognitif
2. Aspek-aspek perilaku afektif
3. Aspek-aspek perilaku Psikhomotorik

Mengkaji Penilaian Pendidikan dan Ruang Lingkup Penilaian Pengajaran. Penilaian Pendidikan dan Ruang Lingkup Penilaian Pengajaran. 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A

Tugas Portofolio,tes essay
3Memahami Penilaian Teknik Tes Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu
1.Menyebutkan cara penyusunan tes belajar matematika
2.Menyebutkan beberapa bentuk obyektif
3.Menyebutkan bentuk soal subyektif
4.Menjelaskan kelebihan dan kekurangan tes bentuk obyektif
5 Menjelaskan kelebihan dan kekurangan tes bentuk uraian
6. Memberikan skring pada salah satu penilaia tes

Mengkaji Penilaian Teknik Tes Penilaian Teknik Tes 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A
Tugas Portofolio,tes essay
4 Memahami Penilaian Teknik non Tes Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu
1.Merumuskan sendiri kalimat yag dimaksud dengan teknik non tes
2.Menyebutkan beberapa bentuk teknik penilaia non tes
3.Menjelaskan beberapa alat penialaian non tes
4.Memberikan skring pada salah satu penilaia non tes


Mengkaji Penilaian Teknik non Tes Penilaian Teknik non Tes 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto
Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A
Tugas Portofolio,tes essay
5.Memahami Penyusunan Alat Teknik Tes Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu menyusun
1 konsep tes secara benar
2 Pegembangan alat penilaian yang berupa tes belajar matematika
3 Aturan-aturan penulisan alat penilaian teknik tes
4. instrumen penilaian tes Mengkaji Penyusunan Alat Teknik Tes Penyusunan Alat Teknik Tes 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A
Tugas Portofolio,tes essay
6.Memahami Penyusunan Alat Teknik non Tes Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu menyebutkan
1. konsep non tes secara benar
2. Pegembangan alat penilaian yang berupa non tes
3. Aturan-aturan penulisan alat penilaian teknik non tes
4. Mampu mengembangkan instrumen penilaian non tes Mengkaji Penyusunan Alat Teknik non Tes Penyusunan Alat Teknik non Tes 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A Tugas Portofolio,tes essay
7 Memahami Pengolahan skor Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu :
1. Mengolah skor mentah menjadi nilai huruf
2. Mengolah sor mentah menjadi skor 1-10
Mengkaji Pengolahan skor Pengolahan skor dari skr menta menjadi nilai huruf dan nilai 1-10 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A Tugas Portofolio,tes essay
8.Memahami Pengolahan skor Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu
1. Mengolah skor mentah menjadi standard Z
2. Mengolah skor mentah menjadi skor standard T
Mengkaji bagaimana caranya mengkonversi skor mentah menjadi skor standar Mengkonversi dari sor mentah menjadi skr standar Z dan standar T 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A Tugas Portofolio,tes essay
9. Memahami arti dan letak Taksonomi dalam pendidikan maematika Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu membuat soal dalam pengelompokkan berdasarkan:
1 Taksomo Bloom
2.Taksonomi dalam matematika
Mengkaji taksomi Bloom dan Taksonomi matematika Taksomi Bloom dan Taksonomi 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsipprinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A Tugas Portofolio,tes essay
10.Memahami Analisis Butir Soal Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu
1. menganalisis kesukaran soal
2. menganalisis daya pembeda soal
3. Kegunaan hasil analisis butir soal Melakukan Analisis Butir Soal Analisis Butir Soal 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsipprinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A Tugas Portofolio,tes essay
11.Memahami Validitas suatu instrumen Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu menentukan :
1. Validitas suatu instrumen
2. Maksud dari face validity,content validity, contructvalidity dan predictitive validity Mengkaji Validitas instrumen Vaiditas Instrumen 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A Tugas Portofolio,tes essay
12.Memahami Reliabiltas suatu instrumen Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu menentukan :
Menghitung reliabilitas dengan berbagai cara.

Mengkaji reliabiitas instrumen 150’ OHP,LCD,Buku Evaluasi pendidikan- Suharsimi Arikunto.
Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran –Ngalim Purwanto. Evaluasi Pembelajaran –Safarai, M.A Tugas Portofolio,tes essay
13.Memahami Penilaian Pembelajaran berbasis Kompetensi dan Kontektual 1 Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu melakukan :
1.Penilaian berbasis kelas
2.Penilaian Kinerja
3.Penilaian Penugasan
4.Penilaian Hasil Kerja Mengkaji
Penilaian berbasisi kelas,
Penilaian Kinerja,
Penilaian Penugasan dan
Penilaian Hasil Kerja
Penilaian berbasisi kelas,
Penilaian Kinerja,
Penilaian Penugasan dan
Penilaian Hasil Kerja 150’ OHP,LCD,Buku Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan kontekstual –Masnur Muslich
Dasar Pemahaman dan Pengembangan KTSP – Masnur Muslich Tugas Portofolio,tes essay

14 Memahami
Penilaian Pembelajaran berbasis Kompetensi dan Kontektual 2 Setelah mengikuti perkuliahan ini mhsw diharapkan mampu melakukan:
1 Penilaian tes tertulis
2.Penilaian Portofolio
3.Penilaian sikap Mengkaji Penilaian tes tertulis,Penilaian Portofolio,.Penilaian sikap

Penilaian tes tertuls
1.Penilaian Portofolio
2.Penilaian sikap

150’ OHP,LCD,Buku Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan kontekstual –Masnur Muslich
Dasar Pemahaman dan Pengembangan KTSP – Masnur Muslich Tugas Portofolio,tes essay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar